MENELADANI NABI IBRAHIM AS (bag 1)   Leave a comment

MENELADANI NABI IBRAHIM AS (bag 1)

DR. Saproni M Samin

Iedul Adha adalah merupakan syiar Islam yang sangat besar, momentum seluruh umat Islam bertakbir, tahmid dan tahlil memecah keheningan alam jagat raya, mengiringi utusan-utusan umat bertemu dalam event akbar tahunan rangkaian ibadah haji.

Menyembelih hewan kurban adalah merupakan perintah Allah dalam surat Al Kautsar, sebagai implementasi rasa syukur atas nikmat yang banyak yang Allah berikan kepada kita semua

“ Sesungguhnya Kami telah memberikan kepadamu nikmat yang banyak. Maka dirikanlah shalat karena Tuhanmu; dan berkorbanlah”.(QS. Al Kautsar : 1-2)

Menyembelih hewan kurban merupakan bentuk ibadah ritual(mahdhoh), yang hanya di persembahkan untuk Allah SWT. Dengan cara menyembelih hewan kurban yang telah di tentukan berupa unta, sapi, kerbau, domba dan kambing.

Menyembelih hewan ini hanya di perbolehkan untuk dua hal, pertama; di sembelih untuk di manfaatkan dagingnya dengan tidak menyebut nama selain Allah. Kedua; untuk di kurbankan kepada Allah sebagai bentuk takwa dan dagingnya bisa di makan dan di berikan kepada orang lain baik dalam bentuk hadiah maupun untuk yang miskin papa.

“ Katakanlah: Sesungguhnya sembahyangku, kurbanku, hidupku dan matiku hanyalah untuk Allah, Tuhan semesta alam”. (QS. Al An’am : 162)

Nabi Ibrahim sebagai Bapaknya para nabi dan Rosul adalah merupakan telah dan umat

“ Sesungguhnya pada mereka itu (Ibrahim dan umatnya) ada teladan yang baik bagimu; (yaitu) bagi orang-orang yang mengharap (pahala) Allah dan (keselamatan pada) hari kemudian. dan Barangsiapa yang berpaling, Maka Sesungguhnya Allah Dia-lah yang Maha Kaya lagi Maha Terpuji”.( QS. Al Mumtahanah : 6).

Ia adalah manusia agung yang keberadaannya sekapasitas umat seutuhnya

“ Sesungguhnya Ibrahim adalah seorang umat yang dapat dijadikan teladan lagi patuh kepada Allah dan hanif dan sekali-kali bukanlah Dia Termasuk orang-orang yang mempersekutukan (Tuhan)”.(QS.An Nahl : 120).

bersambung

Posted Oktober 27, 2012 by Saproni M Samin in BUKU

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: